Media
Promosi Pemasaran
- Promosi
dalam pemasaran
Promosi adalah suatu aktivitas komunikasi yang di lakukan antar seseorang atau suatu unit usaha dan masyarakat luas,dengan tujuan memperkenalkan suatu produk sekaligus memengaruhi masyarakat luas agar membeli dan menggunakan produk tersebut.
1. Pengertian promosi menurut para ahli:
a. Menurut Swastha, promosi adalah bentuk
persuasi satu arah yang dibuat untuk memengaruhi orang lain dengan tujuan
menciptakan pertukaran pemasaran.
b. Menurut
boone dan Kurtz promosi adalah proses menginformasikan,membujuk, dan
memengaruhi suatu keputusan pembelian.
c. Tjiptono
mengartikan promosi sebagai bentuk komunikasi pemasaran dalam rangka
menyebarkan informasi, memengaruhi/membujuk, serta mengingatkan pasar sasaran
atas prusahaan dan produknya agar bersedia menerima, membeli, dan loyal.
D. Menurut
Kotler, promosi adalah bagian dan proses strategi pemasaran daam rangka
menyebarkan informasi.
E. Menurut
Zimmerer, promosi adalah segaa macam bentuk komunikasi persuasi yang dirancang
untuk menginformasikan pelanggan mengenai produk dan untuk meemengaruhi mereka
agar membeli produk tersebut yang mencakup publisitas, penjuaan perorangan ,
dan periklanan.
2. Tujuan promosi
Tujuan utama
usaha melakukan promosi adalah meningkatkan angka dan keuntungan usaha.
- Menyebar
luaskan informasi mengenai suatu produk kepada masyarakat atau calon
konsumen potensial.
- Menjangkau dan
mendapatkan konsumen baru serta menjaga loyalitas mereka.
- Membantu
menginformasikan keunggulan dan pembeda produk yang dimiliki dibandingkan
dengan produk pesaing.
- Menciptakan
citra suatu produk dimata konsumen sesuai keinginan perusahaan.
- Memengaruhi
pendapat dan prilaku konsumen
sesuai keinginan perusahaan.
3. Jenis-jenis Promosi
Untuk mencapai
tujuan dari promosi, sebuah usaha dapat menggunakan cara dan jenis promosi yang
berbeda-beda.
- Promosi secara
langsung
Proosi secara langsung merupakan cara mengenalkan produk
dengan berteu calon konsumen secara langsung adalah suatu wilayah yang sudah
ditentukan.
B. Promosi melalui media offline
Promosi jenis ini adalah cara untuk mengenalkan produk
dengan menggunakan media offline, seperti media cetak dan media elektronik.
C. Promosi melalui media online
Perkembangan terknologi dan media informasi telah
mengubah cara promosi di era digital sehingga promosi melalui media online
telah banyak digunakan para pengusaha.
B. Gambaran usaha offline dan online
- Modal
- Usaha online
membutuhkan modal yang lebih murah karna biaya awal yang dibutuhkan untuk
membuka toko online hapir bisa dikatakan gratis jika siswa hanya euat
website tidak berbayar.
- Usaha offline
membutuhkan persiapan yang matang karena modal yang dibutuhkan relatif
banyak.
2. Angkauan Pemasaran
- Usaha online
mempunyai jangkauan yang sangat luas.
- Usaha offline memiliki jangkauan yang
lebih sempit mungkin hanya pada orang-orang diekitar toko atau daerah
tersebut saja.
. Waktu
operasional
A. Usaha online
tidak terikat oleh waktu sehingga dapat beroperasi selama 24 jam.
B. Usaha offline
hanya dapat beroperasi pada waktu-watu tertentu, sekitar 8 ja per hari dan akan
tutup pada tanggal merah dan hari libur
4. Sistem pemasaran
- Usaha online
tidak membutuhkan sistem pemasaran yang rumit, seperti harus mngeluarkan
uang untuk cetak brosur dan menyebarkannya ke masyarakat.
- Usaha offline
masih membutuhkan dan memakai sistem cetak brosur yang membutuhkan modal
tidak sedikit dan siswa juga harus repot membagikan brosur tersebut agar
banyak orang yang melihatnya.
5. Jenis produk
- Usaha online
bisa menjual berbagai jenis produk.
- Usaha offline
bisa menjual berbagai jenis barang
Dalam satu toko.
6. Jumlah persediaan produk
A.
usaha online tidak harus memiliki
persediaan atau stok produk.
B. Usaha offline siswa harus mempunyai stok
barang yang akan dipasarkan dan siswa perlu mencermati brang yang harus
diantisipasi ketersediaannya
7.
Cara penjualan
a. Usaha online melakukan penjualan dengan cara bertransaksi melalui media digital sehingga tidak perlu perlu terjadi tatap muka.
B. Usaha offline melakukan penjualan dengan tatap muka secara langsung dengan pembeli
a. Usaha online melakukan penjualan dengan cara bertransaksi melalui media digital sehingga tidak perlu perlu terjadi tatap muka.
B. Usaha offline melakukan penjualan dengan tatap muka secara langsung dengan pembeli
8. Sistem
pembayaran
a.usaha
online menerapkan sistem pembayaran secara online
b.usaha offline menerapkan sistem
pembayaran langsung ,bersamaan dengan saat pembeli datang memilih barang yang
diinginkan
9.Tenaga kerja
a.usaha
online tidak membutuhkan banyak tenaga kerja untuk mengerjakannya
b.usaha
offline sangat membutuhkan tenaga kerja bantuan ,terutama ketika siswa baru
membuka tempat usahanya
10.Pembukaan
cabang
a.usaha online bisa memiliki cabang
banyak hanya dengan cara membuat banyak website atau membuat toko secara gratis
b.usaha offline siswa bisa membuka cabang
di wilayah yang berbeda dengan pasar cukup meyakinkan .
C.MEDIA PROMOSI OFFLINE
Media promosi offline adalah media untuk
memberitahukan mengenai produk dan profil usaha melalui alat yang berwujuddan
langsung tertuju kepada target konsumen .
1.Media
promosi ruang terbuka
a.brosur atau pamflet
b.booklet
c. Katalog
d.leaflet
e.flyer
f.kartun nama
g.billboard
h.baliho
i .spanduk
j. Banner
2.Media
promosi produk alternatif
produk alternatif ini beraneka macam
seperti jam dinding ,gelas, piring, botol minum ,flashdisk ,kaos, topi, tas,
pulpen, payung, dan benda-benda lainnya.
3.Media
promosi offline bentuk lain nya
a.word of mouth
Lebih
di kenal dengan istilah promosi dari mulut ke mulut atau getok tular
b.tester/sample
Promosi
ini menggunakan media contoh produk yang di bagikan secara langsung kepada
orang-orang yang menjadi target promosi .
C.Surat
penawaran
media promosi ini menggunakan surat yang
memuat info singkat tentang produk atau jasa yang di hasilkan usaha ke pada
pihak lainya yang menjadi target pomosi
D.Telemarketing
merupakan media promosi lewat telpon
langsung untuk memberi tahu mengenai informasi produk atau penawaran khusus
E.Iklan
media cetak
promosi ini dilakukan dengan beriklan di
media cetak seperti surat kabar,majalah,tabloid,dan media cetak lain nya
F.Iklan
media elektronik
promosi ini di lakukan dengan beriklan
Di
media elektronik seperti radio dan televisi
D.Media
promosi online
adalah media yang dapat di gunakan untuk
melakukan promosi dengan teknologi digital dan internet
1.Media
sosial
merupakan situs dimana setiap oarang bisa
membuat web page pribadi,kemudian terhubung dengan teman-teman untuk berbagi
informasi dan berkomunikasi
a.Facebook
merupakan situs media sosial terbesar saat
ini karna hampir semua orang menggunakan facebook
b.Twitter
media sosial ini hanya menampikan pesan
sebanyak 140 karakter saja tetapi sangat efektif dalam menyampaikan pesan
penting dengan singkat
c.Linkedln
situs ini adalah tempat terbaik untuk para
profesional yang ingin meningkatkn karir
d.Pinterste
situs ini merupakan tempat berbagi minat
para netter dengan mengirimkan gambar yang mereka sukai
e.Instagram
merupakan situs berbagi foto dan vidio
2.SEO
Google
Seo merupakan kepanjangan dari search engine
Optimization milik Google yang merupakan situs pencarian yang tidak berbayar
atau non iklan dari sebuah mesin pencari
3.Blog
dan website untuk bisnis
blog adalah sebuah aplikasi web yang berupa
aneka macam tulisan yang dimuat sebagai artikel pada sebuah halaman web umum.
a.konten
sebuah blog dapat berisi berbagai macam
konten
b.bahasa konten
menggunakan bahasa yang berbeda untuk
menangani pembacanya
c.coding
adalah bahasa pengodean yang biasanya
dimengerti oleh programer atau pembuat program
d.Daftar
konten
sebuah blog yang memiliki daftsr kronologis
postingan
e.
Home page
menjelaskan isi dasar situs web
f.Rating
sebuah blog yang dianggap aktif bergantung
pada jumblah pengunjung aktif yang dimiliki nya
g.Waktu
waktu yang tepat sangat penting untuk
kesuksesan sebuah blog
h.Interaksi
pengguna
blog menawarkan pengunjung opsi untuk
berkomentar ,meyukai ,danmembagikan postingan
i.Search
engine
blog yang akan di cari lebih banyak
dibandingkan dngan website karna isi blog berubah
4.Market
place
merupakan tempat jual beli barang atau
tempat bertemunya penjual dan pembeli
a.sudah terciptanya transaksi jual beli
merupakan keuntungan tersendiri bagi penjual karna tidak perlu repot-repot
mendatangkan pengunjung atau calon konsumen
b.banyak belajar dari semua penjual
keberadaan penjual lain dimarket place
dapat siswa manfaatkan dengan saling berbagi ilmu
c.keamanan bertransaksi dengan rekening
besama
difasilitasi oleh market place dengan
membuat rekening bersama
d.bisa memanfaat kan promosi gratis
biasanya ,pihak market place menawarkan
banyak promosi untuk klien mereka
e.Memiliki daya tarik untuk konsumen
karna konsep serba ada
market place bisa dikatakan seperti toko
serba ada
5.Youtube
youtube adalah layanan vidio hosting online
yang memungkin kan orang untuk berbagi vidio mereka.
Penjelasannya….
Social Media (media Sosial)
Media Sosial (Social Media) adalah
saluran atau sarana pergaulan sosial secara online di dunia maya (internet).
Para pengguna (user) media sosial berkomunikasi, berinteraksi, saling kirim
pesan, dan saling berbagi (sharing), dan membangun jaringan (networking).
Media sosial merupakan sebuah media
online, dengan para penggunanya (users) bisa dengan mudah berpartisipasi,
berbagi, dan menciptakan isi meliputi blog, jejaring sosial, wiki, forum, dan
dunia virtual.Blog, jejaring sosial dan wiki merupakan bentuk media sosial yang
paling umum digunakan oleh masyarakat di seluruh dunia.
Media sosial menurut Gamble, Teri,
dan Michael dalam Communication Works dalam kutipan Wikipedia mempunyai ciri -
ciri sebagai berikut :
· Pesan
yang di sampaikan tidak hanya untuk satu orang saja namun bisa keberbagai
banyak orang contohnya pesan melalui SMS ataupun internet
· Pesan
yang di sampaikan bebas, tanpa harus melalui suatu Gatekeeper
· Pesan
yang di sampaikan cenderung lebih cepat di banding media lainnya
· Penerima
pesan yang menentukan waktu interaksi
Jenis-Jenis Media Sosial Media
sosial yang populer digunakan di Indonesia antara lain
· Facebok
Facebook sangat cocok
dalam media pemasaran atau promosi yang baik, sebab banyak sekali
para pelanggan menggunakan facebook, hampir semua orang memiliki facebook dan
pernah melakukan pengecekan facebook. Bahkan ada banyak orang yang telah
kecanduang bermain facebook sepanjang hari melakukan
pengecekan status dan pembuatan status didalam facebook, hal-hal
seperti inilah yang dimanfaatkan para pembisnis atau pengusaha dalam memasarkan
produknya. Facebook merupakan media promosi yang tergolong murah dan masih
dianggap sangat efektive. Facebook pertama kali hadir pada bulan Februari 2004
yang didirikan oleh Mark Zuckerberg. Pada awal berdirinya Facebook hanya
ditujukan untuk kalangan Mahasiswa Universitas Harvard. Baru di tahun 2005
Facebook membuka keanggotaan untuk kalangan anak sekolah. Setahun
kemudian pada tahun 2006 Facebook membuka keanggotaan secara
universal atau dikatakan terbuka untuk siapa saja. Baik dari belahan bumi
manapun, semua orang bisa bergabung dengan Facebook. Ø Manfaat Facebook Facebook telah menjadi situs sosial networking
terbesar saat ini, ada bagitu banyak manfaat facebook yang bisa kita gunakan.
Berikut adalah beberapa manfaat
facebook yang sangat terasa dalam kehidupan manusia di zaman sekarang
ini :
· Sebagai
Tempat Untuk Mencari Teman, manfaat yang paling terasa dari bintang adalah kita
dapat menjumpai teman lama kita disini.
· Tempat
promosi, bisa menjadi media promosi yang sangat efektif. Saya sendiri sudah
memanfaatkannya facebook dengan menggunakan Halaman Indovisual
Presentatamasebagai tempat promosi situs saya.
· Tempat
diskusi, salah satu fitur di situs jejaring sosial ini adalah group, yang
berfungsi seperti forum. Anda bisa berdiskusi tentang apapun.
· Sebagai
Tempat Untuk Menjalin Hubungan, Contohnya mencari pacar, karena di facebook
mudah saja kita mendapatkan seorang pacar.
· Sebagai
Tempat Belajar Dan Bermain, disamping untuk bermain, di facebook juga bisa
digunakan untuk mempelajari ilmu ilmu yang belum pernah kita temukan sebelumnya
· Kelebihan
a) Menggunakan
facebook sangat mudah.
b) Bisa
digunakan untuk media bisnis online melalui jaringan pertemanan yang telah
dimiliki.
c) Upload
gambar mudah, dan bisa dibuat album foto.
d) Terdapat
aplikasi chat yang membuat pangguna yang sedang online bisa chat dengan
temannya yang sedang online juga.
e) Pengguna
bisa membuat/bergabung dengan group kesukaan/hobi/bisnis/pertemanan yang
memungkinkan pembagian informasi lebih spesifik, mudah, dan tepat sasaran.
· Kekurangan
a) Seringnya
facebook berubah tampilan kerap membuat pengguna bingung.
b) Layout
yang tidak bisa diganti.
c) Alur
informasi masih kalah cepat dengan twitter.
· Twitter
Twitter merupakan layanan
microblogging yang dimiliki dan dioperasikan oleh Twitter Inc. Keguanaan
twitter yaitu para pengguna dapat membaca dan mengirim pesan atau tweet
sepanjang maksimal 140 karakter. Selain itu pengguna dapat melihat kicauan
penulis lain yang dikenal dengan sebutan followers (pengikut). twitter semakin
mengukuhkan dirinya sebagai salah satu jejaring sosial paling populer di dunia.
Pengertian twitter menurut andy shera dalam bukunya Step by Step Internet
Marketing adalah suatu website yang memberi fasilitas kepada membernya untuk
mengupdate kegiatannya sehari-hari. Berikut ini kelebihan dan kekurangan
twitter.
· Kelebihan
a) Menjangkau
tidak hanya antara teman, tetapi komunikasi antara artis dengan fans-nya juga
menjadi lebih mudah.
b) Komunikasi
di twitter terjadi sangat cepat. Sering terjadi berita-berita terupdate,
seperti terjadinya suatu bencana misalnya, lebih dahulu didapatkan infonya
melalui twitter.
c) Terdapat
fitur trending topic yang memungkinkan kita untuk mengetahui apa saja yang
sedang in atau happening dibicarakan oleh para pengguna twitter.
d) Dapat
memasarkan produk secara geratis
· Kekurangan
a) Setiap
tweet dibatasi maksimal hanya 140 karakter saja. Banyak symbol yang harus
diingat kegunaannya oleh pengguna, seperti @, RT, # dan lainlain.
b) Tidak
ada fitur Chatting seperti di facebook.
c) Ukuran
avatar (foto profil) kecil
· Youtube
Youtube mernurut Anwari dan Java
Creativity dalam bukunya 100 software downloader ajaib mengatakan bahwa youtube
ada sebuah situs web video sharing (berbagi video ) popular yang didirikan pada
februari 2005 oleh tiga orang karyawan paypal yang tidak bekerja lagi
diperusahaan tersebut yaitu Chad Hurley, Steve chen, dan jawed. Menurut
perusahaan penelitian internet hitwise, pada Mei 2006 Youtube
memiliki pangsa pasar 43 persen. Hal ini yang menjadi suatu peluang bagi
pengusaha dalam mempromosikan suatu produknya didalam youtube, baik dengan cara
beriklan pada situs ini maupun memasang iklan berbentuk video yang
kemudian diunggah kedalam situs youtube.
Adapun beberapa manfaat lain bagi
para pengguna youtube adalah sarana untuk memasarkan produk. Bagi anda yang
memiliki usaha dapat menggunakan website ini dengan cara mengupload video anda
tersebut ke youtube sehingga bisa dibilang sebagai sarana iklan yang gratis.
Manfaat lainnya adalah dapat berbagai ilmu. Bukan hanya sebagai sarana hiburan,
namun beberapa pengguna youtube juga mengupload bermacam-macam tutorial yang
sangat berguna. Contohnya seperti resep masakan atau tutorial untuk memainkan
alat musik sehingga anda tidak harus kursus jauh-jauh atau mengeluarkan biaya
yang banyak. Berikut ini kelebihan dan kekurangan youtube.
· Kelebihan
a) Bisa
melihat dan mengupload video yang kita suka
b) Sebagai
ajang promosi diri
c) Bisa
mendownload setiap video
d) Bisa
belajar streaming, banyak video bermanfaat
e) Ukurannya
ada yang HD, bisa di download videonya banyak
· Kekurangan
a) Bisa
disalahgunakan penggunanya
b) Banyak
informasi yang menyesatkan
c) Banyak
negara yang memblok Youtube
d) Karena
terlalu bebas upload jadi banyak video yang tidak berguna atau video pornografi
yang terupload
e) Gambarnya
tersendat sendat
f) Banyak
video dengan kualitas buruk
g) Tidak
cocok untuk slow conection
· Blog
Memiliki blog bisnis dapat memiliki
beberapa keuntungan untuk bisnis baik kecil maupun besar dengan anggaran
pemasaran yang ketat. Jika suatu pengusaha tidak memiliki web secara resmi atau
bayar maka blog merupakan alternatif yang menawarkan
setup gratis dan mudah perawatan. Web Log atau yang sering juga disebut BLOG
adalah sebuah diary atau catatan-catatan pribadi yang disimpan secara online
dan umumnya bersifat terbuka bagi siapa saja yang ingin membacanya. Dapat juga
berisi kutipan dari sumber lain yang sengaja dipublikasikan kembali dalam satu
tempat. Blog sendiri memiliki ciri-ciri secara umum yaitu sebagai berikut:
· Memiliki
Nama dan Alamat yang bisa diakses secara online
· Memiliki
tujuan
· Memiliki
isi atau postingan yang berupa artikel, catatan, dan informasi lainnya
· Postingan
atau isi blog terarsip (tersimpan sesuai tanggal, bulan dan tahun posting)
Isi
Blog umumnya selalu bertambah atau terupdate sesuai dengan tujuan blog
Blog memiliki kemiripan atau sama
dengan situs-situs atau web yang sering temui di internet. Materi dan konten
merupakan kebebasan penuh dari sang pembuat blog. tentu saja sangat disarankan
lebih ke arah membagi pengetahuan yang bermanfaat.
Manfaat blog dikalangan pembisnis
yang paling utama adalah sebagai alat promosi secara online di dunia
dengan menggunakan fasilitas internet. Berikut ini merupakan manfaat-manfaat
lainnya dalam mempromosikan produk pada media blog sebagai berikut:
1) Komunikasi
dengan Pelanggan
Blog dapat digunakan untuk
mem-publish pengumuman, berita, acara, artikel maupun produk baru. Melalui
blog, pelanggan dapat dengan mudah mengetahui perkembangan terkini perusahaan
dan juga produk-produk terbarunya. Pelanggan juga dapat memberikan komentar,
tanggapan atau masukannya terhadap perusahaan, baik mengenai produk, management
maupun pelayanan yang diberikan. Salah satu contoh perusahaan yang sukses
menggunakan blog untuk sarana komunikasi dengan pelanggan adalah Google.
Melalui blog resminya, http://googleblog.blogspot.com/, Google menyajikan
berita dan perkembangan terkini dari Google termasuk acara, kegiatan, produk
baru, penambahan fitur produk maupun perkembangan teknologi terkini. Dengan
lebih dari 250 ribu orang terdaftar sebagai pembaca blog ini (melalui
Feedburner), komunikasi antara perusahaan dan pelanggan terjalin dengan sangat baik.
2) Memperlihatkan
Kemampuan Perusahaan
Bagi perusahaan (dan juga personal),
blog dapat menjadi media untuk membangun ‘company branding’. Perusahaan dapat
menyajikan artikel, jurnal atau hasil penelitian yang berkenaan dengan produk
dan layanan yang ditawarkan oleh perusahaan. Dengan demikian, pelanggan akan
merasa bahwa perusahaan yang bersangkutan memang ahli di bidangnya, terbukti
banyaknya tulisan yang disajikan mengenai produk dan layanannya. Sebagai contoh
kecil berdasarkan pengalaman saya. Saya cukup banyak membuat artikel dan
tutorial mengenai pemrograman web dengan PHP dan MySQL di blog saya,
http://achmatim.net. Bahkan saya membagikannya secara gratis dalam bentuk buku
gratis. Dari blog tersebut, beberapa kali saya mendapatkan tawaran project dan
permintaan untuk menjadi trainer. Jadi dengan membuat posting tentang suatu
topik di blog, pengunjung akan percaya bahwa penulisnya tentu memiliki keahlian
di topik tersebut.
3) Menarik
Perhatian Pelanggan
Perusahaan dapat memanfaatkan blog
untuk menarik perhatian pelanggan tentang suatu produk yang akan diluncurkan.
Perusahaan dapat membuat serangkaian tulisan yang menarik dan undang
sebanyak-banyaknya pelanggan untuk ikut berkomentar. Sebagai contoh, banyak
produser film yang memanfaatkan situs atau blog untuk membangun opini publik
sebelum film dirilis. Dengan adanya tulisan berkenaan dengan film yang akan
dirilis, membuat orang akan merasa penasaran, sehingga banyak orang yang
tertarik untuk menonton film saat dirilis.
4) Meningkatkan
Penjualan
Buzz Bruggeman, merupakan salah satu
pendiri perusahaan ActiveWords. ActiveWords merupakan perusahaan yang membuat
dan menjual suatu software yang memungkinkan kita untuk membuat shortcut ke
berbagai file, folder atau aplikasi di komputer kita. Target penggunanya adalah
orang yang ingin bekerja secara cepat dan efisien. Buzz mengatakan bahwa lebih
dari 50 persen pengunjung yang mendownload softwarenya, berasal dari blog
seseorang yang mereview software ActiveWords. Bahkan sebuah review
di USA Today dapat menaikkan penjualan hingga 2.3 juta sehari.
5) Memperbaiki
Kesalahan
Perusahaan Mungkin beberapa dari
kita pernah mendengar atau membaca mengenai kasus yang dialami oleh sebuah
perusahaan gembok terkenal yaitu Kryptonite. Perusahaan ini mengalami kerugian
hingga jutaan dollar karena terlambat menyadari bahwa salah satu produknya
ternyata cacat. Salah satu konsumen menemukan bahwa hanya dengan menggunakan
pensil, kunci dapat dibuka dengan mudah. Konsumen tersebut menuliskan temuannya
di blog pribadinya. Efeknya menjadi sangat besar saat salah satu blog terkenal,
http://engadget.com, mempublikasikan tulisan yang sama. Ribuan konsumen
pengguna kunci dari Kryptonite menuntut perusahaan, dan akibatnya perusahaan harus
mengganti seluruh kerugian yang dialami oleh konsumen dan menarik semua
produknya yang cacat. Sebenarnya hal tersebut tidak akan berlanjut hingga
mengakibatkan kerugian besar bagi perusahaan jika perusahaan cepat-cepat
menanggapi temuan yang ditulis pertama kali dan dengan segera melakukan
perbaikan.
6) Sebagai
media kolaborasi, project management dan komunikasi internal
Bagi internal perusahaan, blog juga
dapat dimanfaatkan sebagai sarana komunikasi dan kolaborasi antar karyawannya.
Setiap karyawan didorong untuk menuliskan segala hal mengenai perusahaan, baik
berupa usulan, komentar, ide, saran maupun kekecewaan dalam blognya
masing-masing. Komunikasi yang terjalin antar karyawan melalui blog akan
mengakibatkan suasana bekerja lebih kondusif dan pada akhirnya akan
meningkatkan etos kerja dan produktivitas karyawan
· Google
Plus
Google Plus merupakan jejaring
sosial yang dioperasikan oleh Google Inc. Google plus dikeluarkan pada tanggal
28 Juni 2011 dengan sistem undangan untuk diuji coba pada hari
tersebut, pengguna Google plus diijinkan untuk mengundang teman di
atas 18 tahun, untuk membuat akun. Namun, sehari kemudian Google plus
diberhentikan, sebab pembuatan akun semakin membeludak.
Google plus mengintegrasikan layanan
sosial seperti Google Profile dan Google Buzz, dan memperkenalkan layanan baru
seperti Circles, Hangouts, Sparks, and Huddles. Google plus juga akan tersedia
dengan berbagai aplikasi desktop dan aplikasi ponsel, tetapi hanya pada Android
dan sistem operasi (OS).
Manfaat Google plus salah satunya
adalah untuk mendapatkan income atau pendapatan. Manfaat paling utama dari
google plus dilihat dari penggunaannya sebagai usaha adalah dari segi
marketing, promo dan juga meningkatkan penjulanan. Saat menjalankan bisnis,
maka google plus dapat dimanfaatkan dalam pemasaran inline. Pada
dasarnya penggunaan promosi online dengan menggunakan google plus tidak ada
bedanya dengan media sosial lainnya, tetapi ada beberapa cara dalam menggunakan
google plus dengan baik untuk keperluan usama/ sebagai promosi usaha :
1) Tingkatkan
jumlah pertemanan pada aplikasi Google plus.
Dengan semakin banyak teman dalam
lingkaran (circle) pertemanan, maka kesempatan usaha atau promosi usaha akan
banyak dikenal banyak orang. Salah satu cara menambah teman adalah dengan klik
tulisan “tambah” tau “add” disisi kanan dari nama profil yang ada.
2) Rutin
memposting mengenai produk yang dipromosikan
Memberi pengetahuan mengenai produk
(product knowledgw) kapada temanteman dilingkarang Google plus. Sebab dengan
member informasi mengenai manfaat, detail produk, kelebihan dan cara penggunaan
produk, membuat teman atau konsumen anda yang berada di Google plus akan
mengenal lebih mengenai produk yang sedang dipromosikkan.
3) Tulis
mengenai tips yang berhubungan dengan produk yang dipromosikan
Memberikan tips, trik, tutoeial
menegenai produk yang dipromosikan merupakan cara terbaik untuk memberikan
pengetahuan mengenai produk tersebut. Selain itu, dapat memperlihatkan
kemampuan atau expertise mengenai bisnis yang sedang dijalnkan. dengan
memperlihatkan kemampuan serius dalam melakukan promosi produk, maka akan
membuat teman-teman pada Google plus percaya bahawa promosi ini serius dan
memiliki kemampuan yang dipercaya dalam menjalankan bisnis tersebut, dan calon
yang menjadi konsumen anda tidak akan ragu untuk memulai mengontak atau
berhubungan bisnis.
4) Membuat
google page dengan nama bisnis
Google memiliki produk berupa google
page. Dimana setiap pemilik Google account dapat membuat beberapa dan digunakan
sesuai keperluannya. Google page dapat dimanfaatkan intuk mempromosikan usaha
yang dilakukan, selain itu dapat meningkatkan penjualan, Sebagai salah satu
media komunikasi, media sosial tidak hanya dimanfaatkan untuk berbagi informasi
dan inspirasi, tapi juga ekspresi diri (self expression), "pencitraan
diri" (personal branding), dan ajang "curhat" bahkan keluh-kesah
dan sumpah-serapah. Status terbaik di media sosial adalah update status yang
informatif dan inspiratif.
Macam-Macam Strategi
Pemasaran Online
Di
era sekarang, kehidupan manusia hampir tidak bisa dipisahkan dari aktivitas
online atau internet. Hampir semua kalangan dan semua profesi membutuhkan akses
ke internet untuk memudahkan aktifitas mereka termasuk juga buat pebisnis.
Pebisnis membutuhkan akses internet atau online untuk menjaga pangsa pasar
mereka bahkan untuk menambah target pasar. Tentu, aktifitas
online juga bisa dijadikan marketing dengan strategi pemasaran tertentu untuk
mendapatkan pelanggan lebih banyak lagi. Berikut macam-macam strategi pemasaran
online yang bisa dilakukan.
Content
Marketing
Para pengguna internet, selalu mencari berbagai
informasi melalu internet. Informasi apa saja yang mereka butuhkan hampir
tersedia. Oleh sebab itu, strategi pemasaran dengan model Content Marketing
adalah sangat tepat karena bisa menarik konsumen dengan beragam informasi yang
telah disediakan di website pelaku bisnis. Informasi yang dibuat bisa berupa
artikel atau text, video, gambar atau bahkan hasil riset tertentu. Hanya saja,
lebih baik informasi yang disediakan harus memiliki keterikatan atau relevan
dengan usaha bisnis yang dimiliki oleh pelaku usaha. Sebagai contoh toko online
yang menjual peralatan kecantikan kemudian memberikan informasi tentang tips
agar tampil cantik.
Mobile
Marketing
Ini adalah salah satu strategi pemasaran online
yang sedang tren saat ini. Mobile Marketing bisa dikatakan sebagai strategi
pemasaran yang menyasar pada konsumen yang menggunakan perangkat mobile seperti
tablet, smartphone dll. Oleh sebab itu, para pelaku usaha mau tidak mau harus
mendesain ulang tampilan website mereka sehingga ramah atau user friendly ketika website tersebut
diakses melalui perangkat mobile. Fakta, berdasarkan survey atau penelitian,
sekitar 30 sampai 40% konsumen memesan atau membeli produk secara online
melalui ponsel atau smarphone.
Continuous
Marketing
Untuk menjalankan strategi pemasaran online ini,
Facebook serta Twitter adalah pilihan yang tepat termasuk juga Instagram.
Continuous Marketing atau pemasaran berkelanjutan menekankan pada aktifitas
promosi di jejaring media sosial. Akan menjadi lebih baik lagi jika para pelaku
bisnis melakukan analisa data seperti mengerti demografi feedback pelanggan,
termasuk opini mereka untuk tetap berinovasi dan menemukan konsep produk bisnis
yang sesuai dengan apa yang pasar inginkan.
Integrated
Digital Marketing
Ini adalah salah satu strategi pemasaran online
yang powerful. Kenapa? Sebab
disini, semua komponen sumber daya digital digunakan secara maksimal. Artinya,
semua cara untuk memperkuat efektivitas pemasaran melalui online dimanfaatkan
sebaik-baiknya. Seperti contoh, membuat blog atau website, melakukan kampanye
brand atau iklan, menggunakan media sosial dan yang lainnya untuk menjangkau
lebih banyak konsumen. Tentu dibutuhkan orang-orang yang mengetahui seluk beluk
dunia digital termasuk juga dunia marketing.
Visual
Marketing
Ada yang mengatakan bahwa gambar berbicara jauh
lebih banyak dari pada text panjang lebar. Ada juga yang bilang 1 gambar
mewakili 1000 kata. Itulah kekuatan visual marketing. Pemasaran ini
mengedepankan bagaimana caranya untuk menciptakan objek visual yang bisa
mewakili produk yang pelaku bisnis tawarkan kepada konsumen. Visual marketing
tidak hanya di dunia nyata tetapi juga bisa di dunia maya seperti Instagram,
Pinterest, bahkan
YouTube. Tentu, dibutuhkan banyak pihak untuk bekerjasama untuk bisa
menyediakan gambar visual yang sangat tajam dan mengundang konsumen.
Personalized
Marketing
Strategi pemasaran jenis ini lebih mengedepankan
konsumen secara personal. Oleh sebab itu, disebut juga sebagai one to one
marketing. Strategi marketing ini menganggap bahwa setiap konsumen itu unik.
Oleh sebab itu, setiap konsumen diperlakukan secara berbeda. Untuk bisnis
e-commerce, maka strategi marketing ini sangat tepat. Toko online dengan sistem
e-commerce bisa menampilkan produk-produk yang disediakan bisa berbeda-beda
tergantung dari masing-masing user dari mulai perbedaan lokasi, hobi, minat,
umur, gender dan lain-lain. Dengan cara ini, pastinya konsumen akan lebih
tertarget. Tapi, dibutuhkan software khusus agar sistem pemasaran ini berjalan
sesuai rencana.
Dari semua metode pemasaran ini, pastinya Anda
sudah memiliki gambaran metode mana yang pas yang bisa Anda terapkan untuk
bisnis Anda. Jika Anda tidak menguasai semuanya, memang dibutuhkan kerjasama
antara mereka yang ahli di bidang IT atau teknologi serta marketing strategist
dan bahkan orang yang bisa menganalisa.
Terimakasih, postingan Anda telah membantu kami dalam memperkaya wawasan pembelajaran PKK.
BalasHapusAlhamdulillah mbak terima kasih postingan materinya sangat bermanfaat
BalasHapusIzin share...
BalasHapusAlhamdulillah... jadi tambah faham
BalasHapusTerima kasih mbak. Sangat bermanfaat
BalasHapusIJIN COPAS MAS...
BalasHapusTerima kasih,sangat bermanfaat ijin menulis untuk tugas
BalasHapusEh kok sama? Jangan2 kita satu sekolah wkwkwk
HapusTerimakasih kak, ijin menulis untuk tugas
BalasHapusTerimakasih ijin menyalin untuk tugas
BalasHapus