A. RUANG LINGKUP PEMSARAN
Menurut Kotler ,pemasaran adalah
mengidentifikasi dan memenuhi kebutuhan manusia dan sosial.
1.
Pengertian Pemasaran
American
Marketing Association (AMA),pemasaran adalah suatu fungsi organisasi dan
serangkaian proses untuk menciptakan,mengkomunikasikan dan memberikan nilai
kepada pelanggan dan untuk mengelola hubungan pelanggan dengan cara yang
menguntungkan organisasi dan pemangku kepentingannya.
2. Hal-hal yang dipasarkan
Menurut
Kotler ,pemasar membagi sepuluh tipe entitas. Yakni :
a. Barang
adalah
barang yang terbesar dari usaha produksi dan pemasaran dibanyak negara.
b. Jasa
Menurut
Kotler,perekonomian negara AS terdiri dari perpaduan jasa dan barang.
c. Acara
d. Pengalaman
perusahaan
dapat menciptakan,memamerkan, dan memasarkan pengalaman.
e. Orang
pemasaran
selebriti atau orang terkenal merupakan bisnis yang besar.
f. Tempat
Bisnis yang berkaitan
dengan tempat tersebut dapat dicari peluangnya. Contoh menjual produk kuliner
dengan nuansa tempat yang berbeda hasilnya juga berbeda.
g. Properti
adalah
hakkepemilikan tidak berwujud atas properti yang sebenarnya (real estate).
h. Organisasi
Kampanye identitas
perusahaaan adalah hasil dari program riset pasar yang intensif.
i. Informasi
adalah sesuatu yang
dihasilkan ,dipasarkan,dan didistribusikan oleh buku,sekolah dan produk.
j. Ide
Setiap
penawaran pasar mengandung ide dasar.
3. Pihak yang memasarkan
pemasar(marketer)adalah seseorang yang mencari respons berupa
perhatian,pembelian,dukungan, dan sumbangan dari pihak yang lain disebut
prospek.
Ada delapan keadaan permintaan dalam pemasaran yang
mungkin terjadi,yaitu sebagai brkt:
a.permintaan negatif
:konsumen tidak menyukai produk dan mungkin bahkan berusaha menghindarinya.
b.permintaan yang tidak ada:mungkin tidak sadar atau tertarik pada
produk.
c.permintaan laten:memiliki suatu
kebutuhan yang kuat yang tidak bisa dipenuhi produk yg ada.
d.permintaan yang menurun:mulai jarang beli produk atau tidak membeli
sama sekali.
e.permintaan tidak teratur:konsumen
membeli secara musiman,bulanan,mingguan,harian,atau bahkan dalam hitungan jam
f.permintaan penuh:konsumen membeli semua produk yg dilempar ke pasar.
g.permintaan berlimpah:konsumen membeli lebih banyak daripada produk yg
ada.
h.permintaan tidak sehat:konsumen mungkin
tertarik pada produk yang memiliki konsekuensi sosial yang tidak diinginkan.
Ada lima
fungsi kunci seseorang wirausaha dalam memimpin pemasaran didalam organisasi
atau sebuah usaha antra lain sbg brkt:
a.memperkuat merek.
b.mengukur keefektifan pemasaran.
c.mengarahkan pengembangan produk baru yang didasarkan atas kebutuhan pelanggan
d.mengumpulkan
ide-ide dari pelanggan
e.menggunakan teknologi pemasaran yang baru.
B. Konsep inti dan
perencanaan komponen pemasaran produk
Kebutuhan adalah syarat hidup manusia. Orang
membutuhkan udara, makanan, air, pakaian, dan tempat tinggal agar dapat
bertahan hidup. Orang juga memilki kebutuhan yang kuat akan rekreasi pendidikan
dan hiburan
Permintaan adalah keinginan akan produk-produk
tertentu yang didukung oleh kemampuan untuk membayar
Pemasaran secara umum terbagi 3 komponen umum utama
:
1)
Outlook
outlook
atau ramalan merupakan komponen yang mengajukan sebuah usaha untuk menganalisis
gambaran bisnis masa depan sebelum melakukan pemasaran berdasarkan 4 faktor:
a) Change : perubahan teknologi, kondisi ekonomi,
kekuatan politik, politik ilegal, kekuatan budaya sosial, dan pergeseran pasar
b) Competitor : pesaing dan situasi persaingan
c) customer: situasi pelanggan
d) company: kondisi internet perusahaan
2) Architecture
- Strategy
1. segmentation : suatu
proses untuk membagi / mengelompokkan konsumen ke dalam kotak-kotak yang lebih
terperinci
2. targeting: target
market/pasar sasaran adalah satu atau beberapa segmen pasar yang menjadi fokus
kegiatan-kegiatan pemasaran
3.positioning:
memenangi dan menguasai benak pelanggan melalui produk yang ditawarkan
- Tactic
1. defferentation:
upaya merek/ usaha untuk mencipatakan perbedaan diantara pada pesaing dalam
rangka memberikan nilai tambah yang terbaik kepada pelanggan
2. marketing mix(
bauran pemasaran): bagaimana sebuah usaha memiliki keunggulan pada produk agar
lokasi dan promosi
3. selling :
langkah-langkah untuk menjual dan menciptakan hubungan jangka panjang dengan
pelangggan melalui produk/ jasa perusahaan
c. Value
- brand:
indikator nilai tambah yang ditawarkan pada pelanggan
- Service
: indikator pelayanan terhadap pelanggan yang intinya adalah memberikan
kepuasan kepada pelanggan
- Process:
dalam konsep pemasaran proses mencerminkan kualitas, biaya, dan
pengantaran produk dari perusahaan kepada pelanggannya
d. Scored
Mengimbangkan nilai tambah kepada 3 kelompok utama
yaitu pelanggan, masyarakat, dan pemilik saham
Scored dibutuhkan untuk memastikan bahwa perusahaan
telah memberikan superior pada kelompok utama tersebut
C.RENCANA LANGKAH
PEMASARAN
Tujuannya adalah agar siswa lebih terarah dalammelakukan
pemasaran secara langsung.
1.menentukan
target penjualan :nilaiyang ingin dicapai saat usaha melakukan
pemasaran.contohnya target penjualan dengan menjual 100 potong baju dalam waktu
satu bulan dengan total penjualan senilai Rp.10.000.000,
2.menentukan
cara penjualan
cara
pemasaran yaitu cara-cara yang dilakukan untuk melakukan penjualan sesuai
dengan jenis uasahanya.contohnya jika ingin membuka usaha aneka kue basah,dapt
memilih cara penjualan dengan membuka toko kue dimal.namun jika ternyata
terkendala masalah modal yang tidak mencukupi untuk menyewa ruangan dimal,
dapat memilih cara alternatif yaitu penjualan titip ditoko lain yang juga
menjual kue atau dijual secara berkeliling.
3. Merancang Strategi
Pemasaran
Strategi pemasartan juga banyak ragamnya, tetapi untuk pemukla usaha
sebaikanya berfokus pada strategi pemasaran yang sesuai dengan bauran pemasaran
dan dikenal dengan 4P, yaitu Product(produk), Price(harga),Place(lokasi usaha)
dan Promotion(promosi)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar