Minggu, 01 Desember 2019

BAB 9 "PEMASARAN PRODUK USAHA":


A. RUANG LINGKUP PEMSARAN

Menurut Kotler ,pemasaran adalah mengidentifikasi dan memenuhi kebutuhan manusia dan sosial.
1.     Pengertian Pemasaran
            
American Marketing Association (AMA),pemasaran adalah suatu fungsi organisasi dan serangkaian proses untuk menciptakan,mengkomunikasikan dan memberikan nilai kepada pelanggan dan untuk mengelola hubungan pelanggan dengan cara yang menguntungkan organisasi dan pemangku kepentingannya.
2. Hal-hal yang dipasarkan
            Menurut Kotler ,pemasar membagi sepuluh tipe entitas. Yakni :
a.      Barang
                        adalah barang yang terbesar dari usaha produksi dan pemasaran dibanyak negara.
b.     Jasa
                        Menurut Kotler,perekonomian negara AS terdiri dari perpaduan jasa dan barang.
c.      Acara
d.     Pengalaman
                        perusahaan dapat menciptakan,memamerkan, dan memasarkan pengalaman.
e.      Orang
                        pemasaran selebriti atau orang terkenal merupakan bisnis yang besar.
f.      Tempat
Bisnis yang berkaitan dengan tempat tersebut dapat dicari peluangnya. Contoh menjual produk kuliner dengan nuansa tempat yang berbeda hasilnya juga berbeda.
g.     Properti
                        adalah hakkepemilikan tidak berwujud atas properti yang sebenarnya (real estate).
h.     Organisasi
Kampanye identitas perusahaaan adalah hasil dari program riset pasar yang intensif.

i.       Informasi
adalah sesuatu yang dihasilkan ,dipasarkan,dan didistribusikan oleh buku,sekolah dan produk.
j.       Ide
                        Setiap penawaran pasar mengandung ide dasar.

3. Pihak yang memasarkan

       pemasar(marketer)adalah seseorang yang mencari respons berupa perhatian,pembelian,dukungan, dan sumbangan dari pihak yang lain disebut prospek.

Ada delapan keadaan permintaan dalam pemasaran yang mungkin terjadi,yaitu sebagai brkt:
a.permintaan negatif :konsumen tidak menyukai produk dan mungkin bahkan berusaha menghindarinya.
      b.permintaan yang tidak ada:mungkin tidak sadar atau tertarik pada produk.
      c.permintaan laten:memiliki suatu kebutuhan yang kuat yang tidak bisa dipenuhi produk yg ada.
      d.permintaan yang menurun:mulai jarang beli produk atau tidak membeli sama sekali.
      e.permintaan tidak teratur:konsumen membeli secara musiman,bulanan,mingguan,harian,atau bahkan dalam hitungan jam
      f.permintaan penuh:konsumen membeli semua produk yg dilempar ke pasar.
     g.permintaan berlimpah:konsumen membeli lebih banyak daripada produk yg ada.
     h.permintaan tidak sehat:konsumen mungkin tertarik pada produk yang memiliki konsekuensi sosial yang tidak diinginkan.

    Ada lima fungsi kunci seseorang wirausaha dalam memimpin pemasaran didalam organisasi atau sebuah usaha antra lain sbg brkt:
        a.memperkuat merek.
        b.mengukur keefektifan pemasaran.
        c.mengarahkan pengembangan produk baru yang  didasarkan atas kebutuhan pelanggan
        d.mengumpulkan ide-ide dari pelanggan
        e.menggunakan teknologi pemasaran yang baru.

B. Konsep inti dan perencanaan komponen pemasaran produk

Kebutuhan adalah syarat hidup manusia. Orang membutuhkan udara, makanan, air, pakaian, dan tempat tinggal agar dapat bertahan hidup. Orang juga memilki kebutuhan yang kuat akan rekreasi pendidikan dan hiburan
Permintaan adalah keinginan akan produk-produk tertentu yang didukung oleh kemampuan untuk membayar
Pemasaran secara umum terbagi 3 komponen umum utama :
1)     Outlook
            outlook atau ramalan merupakan komponen yang mengajukan sebuah usaha untuk menganalisis gambaran bisnis masa depan sebelum melakukan pemasaran berdasarkan 4 faktor:
a) Change : perubahan teknologi, kondisi ekonomi, kekuatan politik, politik ilegal, kekuatan budaya sosial, dan pergeseran pasar
b) Competitor : pesaing dan situasi persaingan
c) customer: situasi pelanggan
d) company: kondisi internet perusahaan
2) Architecture
  1. Strategy
1. segmentation : suatu proses untuk membagi / mengelompokkan konsumen ke dalam kotak-kotak yang lebih terperinci
2. targeting: target market/pasar sasaran adalah satu atau beberapa segmen pasar yang menjadi fokus kegiatan-kegiatan pemasaran
3.positioning: memenangi dan menguasai benak pelanggan melalui produk yang ditawarkan
  1. Tactic
1. defferentation: upaya merek/ usaha untuk mencipatakan perbedaan diantara pada pesaing dalam rangka memberikan nilai tambah yang terbaik kepada pelanggan
2. marketing mix( bauran pemasaran): bagaimana sebuah usaha memiliki keunggulan pada produk agar lokasi dan promosi
3. selling : langkah-langkah untuk menjual dan menciptakan hubungan jangka panjang dengan pelangggan melalui produk/ jasa perusahaan
c. Value
  1. brand: indikator nilai tambah yang ditawarkan pada pelanggan
  2. Service : indikator pelayanan terhadap pelanggan yang intinya adalah memberikan kepuasan kepada pelanggan
  3. Process: dalam konsep pemasaran proses mencerminkan kualitas, biaya, dan pengantaran produk dari perusahaan kepada pelanggannya
d. Scored
Mengimbangkan nilai tambah kepada 3 kelompok utama yaitu pelanggan, masyarakat, dan pemilik saham
Scored dibutuhkan untuk memastikan bahwa perusahaan telah memberikan superior pada kelompok utama tersebut

C.RENCANA LANGKAH PEMASARAN
Tujuannya adalah agar siswa lebih terarah dalammelakukan pemasaran secara langsung.
            1.menentukan target penjualan :nilaiyang ingin dicapai saat usaha melakukan pemasaran.contohnya target penjualan dengan menjual 100 potong baju dalam waktu satu bulan dengan total penjualan senilai Rp.10.000.000,
            2.menentukan cara penjualan
            cara pemasaran yaitu cara-cara yang dilakukan untuk melakukan penjualan sesuai dengan jenis uasahanya.contohnya jika ingin membuka usaha aneka kue basah,dapt memilih cara penjualan dengan membuka toko kue dimal.namun jika ternyata terkendala masalah modal yang tidak mencukupi untuk menyewa ruangan dimal, dapat memilih cara alternatif yaitu penjualan titip ditoko lain yang juga menjual kue atau dijual secara berkeliling.
3. Merancang Strategi Pemasaran
             Strategi pemasartan juga banyak ragamnya, tetapi untuk pemukla usaha sebaikanya berfokus pada strategi pemasaran yang sesuai dengan bauran pemasaran dan dikenal dengan 4P, yaitu Product(produk), Price(harga),Place(lokasi usaha) dan Promotion(promosi)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar